Soal Pilihan Ganda Ujian Pemrograman Dasar Semester Ganjil Kelas X Jurusan TKJ

Soal Pilihan Berganda
1.       Urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut ….
a. Flowchart                                                                       c. Program
b. Algoritma                                                                       d. Pascal
 
2.       Suatu bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara mendetail dengan hubungan antara suatu proses(intruksi) dengan proses lainnya dalam suatu program disebut ….
a. Flowchart                                                                       c. Program
b. Algoritma                                                                       d. Pascal
 
3.       Simbol yang melambangkan kegiatan memproses input disebut ….
a. Simbol proses                                                               c. Simbol input/output
b. Simbol garis alir                                                            d. Simbol anotasi
 
4.       Mempersentasikan fungsi 1/0 yang membuat sebuah data dapat memproses(input) atau ditampilkan(output) setelah mengalami eksekusi informasi disebut ….
a. Simbol proses                                                               c. Simbol input/output
b. Simbol garis alir                                                            d. Simbol anotasi
 
5.       Untuk menghubungkan setiap langkah dalam flowchart dan menunjukan kemana aliran diagram merupakan fungsi simbol ….
a. Proses                                                                              c. Input/output
b. Garis alir                                                                          d. Anotasi
 
6.       Simbol yang mempersentasikan informasi deskriptif tambahan, komentar atau catatan penjelasan merupakan ….
a. Simbol proses                                                               c. Simbol input/output
b. Simbol garis alir                                                            d. Simbol anotasi
 
7.       Simbol yang digunakan untuk melambangkan percabangan adalah ….
a. Simbol percabangan                                                  c. Simbol konektor
b. Simbol terminator                                                      d. Simbol proses
 
8.       Simbol yang berfungsi untuk menandai awal dan akhir dari suatu flowchart adalah ….
a. Simbol percabangan                                                  c. Simbol konektor
b. Simbol terminator                                                       d. Simbol alir garis
 
9.       Simbol yang digunakan pada waktu menghubungkan suatu langkah dengan langkah lain dalam sebuah flowchart dengan on page atau of page disebut ….
a. Simbol percabangan                                                  c. Simbol konektor
b. Simbol terminator                                                      d. Simbol anotasi
 
1Bahasa pemograman tingkat tinggi yang terkenal dengan pemograman terstruktur dan bernaung dibawah system operasi MS-DOS disebut juga ….
a. Algoritma                                                                        c. Pascal
b. Flowchart                                                                       d. Kontruksi
11.   Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus di lakkukan adalah ….
a. Membuat program                                                     c. Membeli komputer   
b. Membuat Algoritma                                                  d. Mempelajari program 
 
12.   Pseudocode yang di gunakan pada penulisan algoritma berupa ….
a. Bahassa Inggris                                                             c. Bahasa puitis
b. Bahasa Pemograman                                                d. Sembarang Bahasa
 
13.   Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat ….
a. Sebelum pembuatan program                               c. Sesudah pembuatan program
b. Pada saat program dibuat                                        d. Pada saat dijalankan
 
14.   Perintah dasar untuk menulis/mencetak suatu data atau isi suatu variabel kelayar komputer adalah ….
a. Writeln                                                                            c. Uses Crt
b. Readln                                                                             d. Stop
 
15.   Perintah dasar untuk mempersiapkan fasilitas pengalahan layar adalah ….
a. Writeln                                                                            c. Uses Crt
b. Readln                                                                             d. Stop
 
16.   Perintah dasar untuk menahan tampilan hasil sampai ada penekanan tombol “ENTER” adalah ….
a. Writeln                                                                            c. Uses Crt
b. Readln                                                                             d. Stop
 
17.   Struktur bahasa pemograman pascal paling pertama adalah ....
a. Var                                                                                    c. End
b. begin                                                                                d. Uses Crt
 
18.   Tipe data pascal untuk karakter adalah ....
a. Char                                                                                  c. Integer
b. Boolean                                                                          d. Real
 
19.   Kapan terbentuknya pascal ?
a. 1981                                                                                  c. 1961
b. 1971                                                                                  d. 1987
 
20.   Tipe bilangan bulat pada Bahasa pascal disebut ….
a. Byte                                                                                  c. Char
b. Integer                                                                            d. End
 
21.   Perintah untuk menutup program dalam pascal adalah ….
a. End                                                                                    c. Uses Crt
b. Program                                                                          d. Finish
 
22.   Menggambarkan program secara logika merupakan fungsi ….
a. Flowchart                                                                       c. Begin
b. Dxdiag                                                                             d. SI
23.   Perintah untuk menampilkan atau cetak dilayar monitor tanpa pindah baris ,disebut...
a. Writeln                                                                            c. Readln
b. Write                                                                                d. Read
 
24.   Jika nilai >90 = A ,  jika nilai >80 = B , dan jika nilai < 80 = C maka nilai 75= ….
a. B                                                                                         c. C
b. D                                                                                        d. E
 
25.   Nama lain dari flowchart adalah ….
a.  Algoritma                                                                       c. Bagan alir
b. Alur                                                                                   d. Diagram
 
26.   Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart diberi nama ….
a. Conector                                                                         c. Process
b. Terminator                                                                    d. Decision
 
27.   Algoritma harus dapat dijangkau oleh akal fikiran kita. Hal ini menyatakan bahwa algoritma harus mamiliki sifat ....
a. Cepat                                                                               c. Berurutan
b. Logis                                                                                 d. Realistis
 
28.      –    Masukan nilai panjang (p)
-          Masukan nilai lebar (l)
-          Masukan nilai tinggi (t)
-          HitungVolum=p x l x t
-          Cetak Volum
Adalah algoritma untuk menentukan volum…
a. Persegi                                                                            c. Segitiga
b. Kubus                                                                              d. Balok
 
29.   –    Masukan nilai panjang (p)
-          Masukan nilai lebar (l)
-          Hitung Luas=p x l
-          Cetak Luas
Adalah algoritma untuk menentukan luas…
a. Persegi                                                                            c. Persegi panjang
b. Segitiga                                                                           d. Kubus
 
30.   <> adalah symbol untuk…
a. Sama dengan                                                                c. Tidak sama dengan
b. Lebih besar lebih kecil                                               d. Kurang dari

Anda juga bisa mendownload langsung soal ini, dengan klik link dibawah ini, kira - kira filenya akan seperti ini.

Link Download:


Created by: Krisnanda Pratama, the owner of IniKuy 

Share on Google Plus

About IniKuy

Hallo Inikers... Perkenalkan nama Saya Krisnanda Pratama, saya seorang siswa SMK yang duduk di kelas XII jurusan TKJ. Saya mulai gabung di dunia blog pada saat masih di kelas X, tapi pada saat itu saya belum tau banyak tentang dunia blog. Sudah banyak blog yang saya buat salah satunya dan blog ini yang paling saya utamakan.

0 comments:

Post a Comment